Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret tanpa KTP Mudah dan Cepat

Cara bayar pajak motor di Indomaret tanpa KTP bisa jadi pilihan bagi kamu, yang tidak memiliki rekening. Bahkan minimarket ini bisa kamu jumpai di banyak tempat, jadi semakin mempermudah pembayaran.

Inilah Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret tanpa KTP Mudah dan Cepat


Lewat Indomaret, kamu tidak perlu lagi antre di loket Sistem Administrasi Satuan (Samsat). Semua sudah bisa dilakukan di Indomaret, meskipun samsat menyediakan pembayaran pajak lewat e-samsat. 


Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret tanpa KTP 

Cara bayar pajak motor di Indomaret tanpa KTP pun terbilang mudah, dan prosesnya cepat karena sistemnya dilaksanakan secara online. Kamu cukup menyiapkan dokumen persyaratan pembayaran, dan uang sejumlah pajak yang harus dibayarkan.

Cara bayar pajak motor online di Indomaret

Berikut langkah atau cara membayar pajak motor di Indomaret:

  • Siapkan persyaratan pembayaran pajak yang sudah  kamu siapkan dari rumah (Ktp asli, STNK asli, dan nomor HP yang aktif).
  • Sampaikan pada kasir, kamu akan melakukan pembayaran pajak motor.
  • Lalu kasir akan meminta nomor polisi motor, nomor mesin kendaraan, dan nomor hp pemilik motor.
  • Setelah itu akan muncul jumlah pajak yang perlu dibayar. Dan kamu bisa langsung melakukan pembayaran di kasir. Wajib diingat, pembayaran di Indomaret ada biaya administrasi yang akan ditotal dengan nominal pembayaran.
  • Kemudian kamu akan mendapat struk pembayaran. Biasanya Indomaret akan memberikan stempel tanda lunas, sebagai bukti kamu sudah melakukan pembayaran pajak.
  • Kamu juga akan mendapat SMS balasan berupa link bitly, yang memuat Electronic Registration and Identification dari Polri.
  • Klik link tadi, dan akan muncul tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran elektronik (E-Tbpkp) yang sudah dilengkapi QR code.
  • Simpan dengan baik bukti pembayaran itu, sampai kamu mencetak langsung dan legal di kepolisian (Polsek atau Polres).
  • E-Tbpkp  dengan barcode itu jadi bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor (Pkb), dan Bukti Ratifikasi STNK yang valid dan legal.
  • Bila ada petugas melakukan razia, kamu bisa memverifikasi dengan cara scan QR code yang ada pada e-tbpkp tadi.
  • Kamu juga tidak perlu mencetak bukti elektronik itu ke Samsat, karena sudah ada barcode yang mempermudah pengecekan.

Tahapan ini sama dengan cara bayar pajak motor di Alfamart, sebagai alternatif tempat pembayaran.

Cara Pembayaran  pajak motor di indomaret tanpa KTP

KTP sebagai salah satu syarat pembayaran pajak, seringkali dikeluhkan mereka yang membeli motor bekas, tetapi belum balik nama. Nama di KTP akan dicocokkan dengan STNK dan BPKB kendaraan.

Ketetapan itu pun tercatat dalam Ketentuan Kapolri (Perkap) Nomor 5 tahun 2012. Meski aturan ini dibuat untuk menghambat tindak pencurian, tapi pada prakteknya bukti diri seperti KTP jarang digunakan. Nah, di Indomaret ternyata bisa juga bayar pajak kendaraan tanpa menggunakan Ktp.

  • Tahapannya sama dengan cara bayar pajak motor online di Indomaret. Hanya saja, kasir tidak akan meminta NIK KTP, cukup langsung STNK, dan nomor HP yang aktif saja.
  • Sesudah itu, kasir akan menyebutkan nominal pajak, dan biaya administrasi yang harus dibayar. Ketika pembayaran diterima, kamu akan mendapat struk bukti pembayaran, dan SMS memuat link bitly dari Samsat secara otomatis.
  • Klik link itu untuk mendapat tampilan e-tbpkp, berlaku selama 30 hari, yang menyerupai STNK dan dilengkapi dengan QR Code.
  • Barcode itu bisa discan bila ada razia untuk menunjukkan, bahwa kamu sudah melakukan pembayaran pajak.
  • Kamu bisa mencetaknya secara langsung tanpa wajib ke kantor Samsat. Karena bukti itu udah legal di kepolisian.


Simpulan

Nah, itu tadi Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret tanpa KTP atau cara pembayaran pajak motor di Indomaret tanpa KTP, yang bisa dirasakan pemilik kendaraan. Semoga info ini bermanfaat, ya!

 

Posting Komentar untuk "Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret tanpa KTP Mudah dan Cepat"